Tahukah kamu, Ada 8 Hal-Hal yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah?

Category : Bisnis
Tahukah kamu, Ada 8 Hal-Hal yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah?by fitrinion.Tahukah kamu, Ada 8 Hal-Hal yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah?Semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sampai saat ini masih menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Nilai tukar Rupiah dapat di artikan sebagai tingkat dimana mata uang rupiah bisa diubah menjadi mata uang lain. Tentunya banyak hal yang mempengatuhi nilai tukar rupiah tersebut. 8 Hal-Hal yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah Nah, pada kesempatan […]

Semakin melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat sampai saat ini masih menjadi isu yang hangat diperbincangkan. Nilai tukar Rupiah dapat di artikan sebagai tingkat dimana mata uang rupiah bisa diubah menjadi mata uang lain. Tentunya banyak hal yang mempengatuhi nilai tukar rupiah tersebut.

8 Hal-Hal yang Mempengaruhi Nilai Tukar Rupiah

Nah, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai hal-hal yang mempengaruhi nilai tukar rupiah. Apa saja hal tersebut, berikut pembahasannya lengkap buat anda semua untuk menambah wawasan anda.

  • Inflasi

Hal pertama yang mempengaruhi nilai tukar rupiah adalah inflasi. Sebuah Negara dengan tingkat inflasi lebih rendah dari Negara lain akan mengapresiasi nilai tukar mata uangnya. Selain itu Negara dengan tingkat inflasi yang konsisten lebih rendah menunjukkan bahwa mata uang negara tersebut menjadi naik begitu juga sebaliknya.

  • Suku Bunga

Suku bunga juga dapat mempengaruhi nilai tukar rupiah terhadap mata uang lain lho. Hal ini dikarenakan suku bunga yang lebih tinggi memberikan tarif lebih tinggi pula untuk pemberi pinjaman, sehingga secara otomatis akan menarik modal asing secara berlebihan, dan membuat kenaikan nilai tukar mata uang rupiah tersebut.

  • Giro/ Neraca Pembayaran Suatu Negara

Giro sebuah Negara mencerminkan neraca perdagangan  dan pendapatan investasi asing. Sederhananya, jika impor lebih tinggi daripada ekspor akan membuat depresiasi (penurunan nilai tukar). Dan neraca pembayaran menyebabkan fluktuasi nilai tukar terhadap mata uang domestic. So, jangan sampai impor kita lebih tinggi daripada ekspor ya guys. karena ini membuat nilai tukar rupiah kita menurun.

  • Hutang Pemerintah

Hutang pemerintah adalah hutang public atau nasional. Jika negara Indonesia  mempunayi hutang pemerintah yang kurang dan cenderung memperoleh modal asing hal ini menyebabkan terjadinya inflasi guys. Dan secara bertahap investor asing akan menjual obligasinya ke pasar terbuka, akibatnya penurunan nilai tukar rupiah pun akan mengikuti.

  • Ketentuan Perdagangan

Terkait dengan giro dan neraca pembayaran, kondisi perdagangan merupakan rasio harga ekspor terhadap impor. Apabila harga ekspor Indonesia lebih tinggi daripada impor maka pendapatan akan lebih tinggi dan secara otomatis permintaan nilai tukar mata uang rupiah pun akan lebih tinggi pula. Dan membuat mata uang negara kita terapresiasi.

  • Resesi

Hal selanjutnya yang mempengaruhi nilai tukar rupiah adalah terjadinya resesi, karena ketika suatu Negara mengalami resesi, tingkat suku bunganya cenderung turun. Akibatnya mata uang akan melemah dibandingkan dengan Negara lain, sehingga menurunkan nilai tukar.

  • Stabilitas Politik & Kinerja Perekonomian

Stabilitas politik dan kinerja perekonomian dapat mempengaruhi kekuatan mata uang. Hal ini dikarenakan kekacauan politik yang relative rendah membuat investor asing lebih percaya menanamkan modalnya dan menyebabkan apresiasi terhadap mata uang domestic. Jadi, jangan sampai kondisi politik kita kacau ya guys.

  • Spekulasi

Terakhir adalah spekulasi. Jika nilai mata uang Negara Indonesia diperkirakan akan meningkat, permintaan mata uang oleh investor akan meningkat pula. Akibatnya nilai mata uang akan naik karena adanya peningkatan permintaan dan diikuti kenaikan nilai tukar mata uang rupiah pula.

Demikian pembahasan mengenai hal-hal yang mempengaruhi nilai tukar rupiah. semakin rendah nilai tukar rupiah, maka akan semakin buruk pula kondisi perekonomian kita. jadi mari kita tingkatkan hal-hal yang bisa menambah kuat nilai tukar rupiah terhadap dolar

Author: 

Related Posts

Leave a Reply