Perlukah Bayi Mandi Dengan Air Hangat?

Category : Lifestyle
Perlukah Bayi Mandi Dengan Air Hangat?by fitrinion.Perlukah Bayi Mandi Dengan Air Hangat?Apakah Anda adalah ibu yang membiasakan anak mandi dengan menggunakan air hangat? Ya, memang tidak bisa dipungkiri sebagian besar orang tua akan memandikan anaknya apalagi jika masih balita menggunakan air hangat. Tujuannya adalah agar anak tidak merasa kedinginan ketika mandi. Anak bisa menikmati mandinya ketika menggunakan air hangat. Lalu sebenarnya perlu atau ga sih bayi […]

Apakah Anda adalah ibu yang membiasakan anak mandi dengan menggunakan air hangat? Ya, memang tidak bisa dipungkiri sebagian besar orang tua akan memandikan anaknya apalagi jika masih balita menggunakan air hangat. Tujuannya adalah agar anak tidak merasa kedinginan ketika mandi. Anak bisa menikmati mandinya ketika menggunakan air hangat. Lalu sebenarnya perlu atau ga sih bayi mandi dengan air hangat? Jika iya, apa saja sih kelebihan dan kekurangan air hangat untuk mandi bayi?

Ada beberapa pendapat mengenai air hangat digunakan untuk mandi anak. ada sebagian yang memang berpendapat bahwa perlu menggunakan air hangat karena bayi memiliki kulit yang sensitif. Dan apabila terkena air dingin kulitnya akan kaget dan biasanya anak atau bayi seketika menangis. Namun ada juga yang berpendapat bahwa sebenarnya tidak perlu menggunakan air hangat untuk memandikan anak. Nah, untuk mengetahui sebenarnya perlukah si kecil menggunakan air hangat ketika mandi? Maka dari itu kami akan membahas terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan air hangat untuk mandi si kecil. Silahkah simak ulasan berikut.

Perlengkapan Mandi Bayi bisa Anda beli secara online di Toko perlengkapan bayi, Mothercare.

Manfaat air hangat

  1. Menghilangkan Capek dan Lelah

Sudah banyak diketahui ya jika air hangat sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa cepak dan lelah. Air hangat yang digunakan ketika mandi dapat merawat rasa sakit pada otot maupun persendian. Nah rasa hangat dari air hangat akan merangsang sirkulasi darah agar bisa kembali lancar. Otot dan sendi yang terasa kencang dan tegang dapat dilemaskan sehingga darah dapat beredar dengan lancar. Dengan air hangat ini biasanya bayi akan lebih mudah tenang dan nyaman ketika mandi.

  1. Membersihkan Kulit

Sebenarnya sama saja baik air hangat maupun air dingin, ketika mandi kulit akan bersih dari kuman dan kotoran yang menumpuk. Namun ternyata mandi menggunakan air hangat lebih ampuh membersihkan kotoran dan tumpukan toksin yang ada di kulit.

  1. Mencegah Kulit Kering

Karena masih sangat sensitif, kulit bayi bisa dengan mudah terkana gangguan kulit salah satunya adalah kulit kering. Untuk bayi tentu kita belum berani ya menggunakan pelembab. Nah, cara mudah untuk mencegah kulit kering pada bayi ini Anda bisa menggunakan air hangat ketika mandi untuk membuat kulit lembab dan tidak kering.

  1. Rileksasi

Selain dapat membersihkan kulit dan menghilangkan rasa capek, air hangat juga terbukti ampun sebagai media relaksasi. Karena rasa hangatnya tersebut membuat tubuh menjadi lebih rileks. Maka dari itu, air hangat bermanfaat agar bayi lebih rileks dan tenang ketika mandi.

Lalu selain manfaat apakah ada kekurangan ketika menggunakan air hangat untuk mandi bayi? Ternyata mandi menggunakan air hangat juga memiliki beberapa kekurangan. Pertama, memperbesar pori-pori kulit. Ternyata jika sering menggunakan air hangat ketika mandi, dapat memperbesar dan melebarkan pori-pori kulit. Meskipun ada yang mengatakan bahwa pori-pori yang terbuka berguna agar kotoran mudah keluar, namun ternyata pori-pori yang lebar juga memperbesar terjadinya gangguan kulit seperti jerawat. Jika masih bayi mungkin bukan jerawat namun bintik merah seperti iritasi atau alergi.

Nah, itu dia bunda artikel mengenai sebenarnya perlukah si kecil menggunakan air hangat. Sedang cari perlengkapan mandi bayi yang lengkap dan bisa Anda beli dirumah, cek saja di mothercare.co.id dan pilih berbagai perlengkapan mandi mothercare. Terimakasih

Author: 

Related Posts

Leave a Reply