Niat Zakat Fitrah untuk Keluarga Secara Lengkap

Category : General
Niat Zakat Fitrah untuk Keluarga Secara Lengkapby fitrinion.Niat Zakat Fitrah untuk Keluarga Secara LengkapSebelum lebaran yaitu ketika malam takbiran dan juga sebelum melakukan sholat ied ada satu ibadah wajib yang digunakan untuk menggenapkan puasanya yaitu melakukan zakat fitrah yang dilakukan dengan memberikan beras 2,5 kg untuk perorangnya. Atau selain beras juga bisa dengan uang yaitu dengan membawa uang kemudian ketika sampai di tempat zakat bisa untuk digantikan dengan […]

Sebelum lebaran yaitu ketika malam takbiran dan juga sebelum melakukan sholat ied ada satu ibadah wajib yang digunakan untuk menggenapkan puasanya yaitu melakukan zakat fitrah yang dilakukan dengan memberikan beras 2,5 kg untuk perorangnya. Atau selain beras juga bisa dengan uang yaitu dengan membawa uang kemudian ketika sampai di tempat zakat bisa untuk digantikan dengan membeli beras dengan harga beras 2,5 kg beras pada saat itu. Zakat ini seperti yang telah disebutkan di atas adalah sifatnya wajib untuk yang beragama Islam dan menurut aturan memberikan bahan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari. Dimana apabila di Indonesia masyarakat mengkonsumsi beras sehingga untuk zakat yang dikeluarkan adalah beras dengan takaran 2,5 kg perorang.

 Zakat fitrah ini termasuk juga dalam rukun islam nomor tiga sehingga apabila masyarakat tidak mengeluarkan zakat ini maka agamanya tidak dianggap sempurna. Terutama untuk orang yang mampu tetapi justru tidak mengeluarkan zakat ini sehingga ia dianggap tidak sempurna agamanya karena sebenarnya mampu untuk mengeluarkan zakat yang hanya mempunyai nilai yang sebenarnya sedikit dan tidak sebanding apabila dibandingkan dengan kekayaan orang yang termasuk dalam orang yang punya. Untuk zakat fitrah ini wajib dikeluarkan ketika bulan ramadhan dan sawal dengan membaca niat ketika akan berzakat yang dibagi menjadi beberapa niat sesuai dengan orang yang akan dizakatkan yang terbagi menjadi:

  • Niat zakat untuk diri sendiri

Merupakan niat yang dibacakan ketika akan berzakat dengan diri sendiri dimana hal tersebut dibaca ketika akan berzakat yaitu dengan lafal yang mudah yaitu dimaksudkan untuk dirinya sendiri dikarenakan perintah Allah ta’ala. Niat ini sendiri akan dituntun oleh orang yang lebih mengerti seperti ustadz dan juga oleh kiai apabila tidak hapal dengan niat untuk zakat ini. Anda juga bisa untuk menghapalkannya terlebih dahulu ketika akan melakukan zakat fitrah.

Merupakan niat kedua yang dimaksudkan untuk zakat bagi diri sendiri dan juga satu keluarga. Untuk zakat ini dimaksudkan memberi nafkah yang diperintahkan oleh Allah dan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh umat islam. Dimana selain untuk diri sendiri Anda juga dapat niat memberikan zakat atas nama keluarga.

  •  Niat zakat untuk anggota keluarga

Dan niat selanjutnya yang ada untuk zakat fitrah ini adalah untuk anggota keluarga yang bisa diwakilkan oleh keluarga dimana apabila berhalangan untuk hadir dan melakukan zakat bisa untuk diwakilkan yaitu untuk istri, untuk anak laki-laki, untuk anak perempuan, dan juga untuk orang yang diwakilkan. Sehingga untuk zakat fitrah ini mempunyai aturan yang sangat fleksibel bagi yang tidak melaksanakannya tetap bisa untuk diwakilkan dan tidak ketinggalan untuk melakukan zakat fitrah.

Author: 

Related Posts

Leave a Reply